IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 First Step How to Playing Piano

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rindu
Junior
Junior


Jumlah posting : 7
Join date : 06.12.08
Lokasi : Sin-UK

PostSubyek: First Step How to Playing Piano   Tue Dec 09, 2008 2:02 am

Tips berikut ini bukan buat kamu yang pernah belajar musik (minimal 1 tahun kursus). Tapi lebih ditujukan untuk membantu orang-orang yang belum pernah sama sekali menyentuh yang namanya piano atau keyboard. Murid-murid saya lebih sering menyebut “awam musik”.

Ok, let’s get on with it.

Bermain musik adalah sebuah keahlian (skill). You got to practice! Mungkin kamu gak harus beli, bisa pinjam dulu atau numpang di rumah orang lain untuk belajar. Tapi intinya kamu harus punya alatnya dulu. Dari sekian tahun saya mengajar, most of parents ragu membelikan anaknya piano/keyboard karena takut sang anak gak serius. Hal yang wajar. Kalau memang belum mampu beli yang mahal, beli yang murah dulu aja. Sekarang sudah banyak jenis piano/keyboard dengan beragam variasi harga.

Piano berbentuk papan tuts tunggal, sepanjang 88 tuts atau kurang lebih 7 ½ oktaf, dengan bilah tuts yang lebih tebal dan berat dibandingkan keyboard. Piano Terbagi atas piano akustik dan piano digital. Kalau piano akustik memiliki sumber bunyi dari senar logam yang dipukul dengan tuts, jadi tidak digerakkan oleh listrik. Harga baby grand piano yang paling murah sekitar 60 juta-an, itupun second. Kalau upright piano yang second mulai dari sekitar 8 juta-an.

Sekarang juga sudah banyak piano digital, yang sumber bunyinya berasal dari hasil sampling piano akustik yang digerakkan oleh listrik. Panjangnya antara 76 hingga 88 tuts. Harganya mulai dari 3 juta-an. Tapi kamu harus hati-hati memilih karena tutsnya berbeda-beda. Ada yang namanya weighted keys atau graded hammer keys, maksudnya tutsnya lebih berat dan tebal seperti piano akustik. Tapi ada juga yang tidak setebal itu atau malah ringan seperti tuts keyboard biasa.

Nah kalau keyboard ada yang berjenis synthesizer, interactive/intelligent/portable/arranger keyboard, controller, sampler dan workstation.
Banyak murid saya bilang piano mahal, alat mereka di rumah keyboard. Bisa gak belajar piano pada keyboard? Bisa saja, gak masalah. Kalau hanya untuk menguasai basic piano. Tapi lebih lanjut dari itu kamu perlu beli piano deh. Kalau kamu belum mampu beli piano akustik bisa dengan piano digital. Malah enak gak makan tempat dan bisa diatur volume suaranya. Tapi tetap saja mekanisme tutsnya masih lebih natural dan nyaman piano akustik ya.

Mitos:
• Bisa piano berarti bisa semua alat.
• Belajar keyboard gak serius, cuma hiburan. Kalau mau serius belajarlah piano.
• Belajar piano klasik yang paling baik, nanti kalau mau belajar pop atau jazz lebih gampang.

Jangan muter-muter! Kalau kamu mau belajar piano pop sekalian dari awal saja. Kalau kamu belajar piano klasik dulu bisa sampai tua baru bisa belajar piano pop. Dasar bermain piano sama untuk semua jurusan.

• Main keyboard bisa “merusak” jari.

Nah kalau ini ada benarnya karena tuts keyboard memang lebih ringan dan tidak se-ekspresif piano.
Nah kalau semua poin di atas sudah kamu penuhi baru datang ke kursus musik terdekat atau hubungi guru piano/keyboard ke rumah. Atau mau belajar sendiri? Boleh juga, coba cari buku-buku piano/keyboard yang bisa dibeli di toko buku terdekat. Mudah kok, gak rumit.
OK, enjoy your piano adventure!

Seringkali saya mendapat pertanyan: "Saya atau anak saya sudah sekian tahun les piano atau keyboard tapi kok gak bisa-bisa sih!". Pertanyaan ini harus diperjelas, "bisa" yang diharapkan itu seperti apa? Setelah di probe ternyata ada beberapa jawaban.
1. Bisa main lagu apa saja tanpa lihat buku.
2. Bisa ngiringin nyanyi lagu apa saja.
3. Bisa main band seperti band-band di tivi.
4. Bisa improvisasi
5. And the list goes on and on.

Kebanyakan musisi senior kita nggak ngerasain sekolah musik. Mereka adalah special people with special talent, yang udah nyemplung di dunia enetertainment di usia muda. Memang jaman dulu belum ada sekolah musik, karena yang ngerti musik-pun sedikit. Rata-rata mereka memiliki feel atau musical soul, hearing dan grooving yang kuat. Wah apa tuh tadi? Feel adalah bagaimana bermain dalam jenis musik yang berbeda-beda. Hearing adalah kemampuan mengenali nada, chord dan ketukan dengan hanya mendengar. Grooving adalah kemampuan mengikuti ketukan yang berbeda-beda dalam setiap jenis musik. Apabila seseorang memiliki ketiga unsur tersebut ditambah memori yang kuat, dia boleh dibilang berbakat dalam musik. Tapi ternyata mereka yang otodidak memiliki beberapa kelemahan.
1. Belum tentu mereka memiliki fingering atau penjarian yang rapi, enak dilihat.
2. Kurang lancar baca not, apalagi menguasai teori musik.
3. Kurang menguasai metode mengajar yang baik karena metode belajar mereka belum tentu bisa diikuti semua orang.

Kebanyakan musisi otodidak adalah pemain yang baik, tapi mereka kesulitan mentransfer ilmu mereka ke orang lain. Murid yang setengah "jadi" atau setengah "bisa"yang akan berkembang. Tapi murid yang mulai belajar dari nol, have no special talent, ya nggak janji deh! Tapi gimana kalo kita gak punya waktu pergi kursus? Sekarang sudah ada buku tutorial piano dan keyboard yang cukup bagus dari dalam atau luar negeri, dilengkapi CD pula jadi bisa belajar sendiri.

Les musik, apakah sia-sia?
Ya nggak lah! Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1. Cari referensi tentang sekolah musik yang ingin dimasuki dari orang lain yang sedang dan pernah belajar atau lebih bagus lagi dari pengajar musik.
2. Kenali guru kita, minta juga referensi dari orang lain tentang bagaimana permainannya, lulusan mana, gimana ngajarnya, dll.
3. Ceritakan kepada guru atau instruktur apa saja harapan kita dari belajar musik. Tanyakan juga metode belajarnya, punya lesson plan gak. Kalau ternyata dia gak bisa membantu apa yang kita harapkan atau malah jadi tersinggung, tinggalin aja!!
4. Jangan sampai salah jurusan,
Sekarang ini udah mulai banyak kok kursus dan sekolah musik dengan metode yang baik. Banyak juga lho pengajar piano lulusan overseas. Tapi jangan masuk ke kursus yang nggak punya metode dan kurikulum. Bisa dilihat kok dari materi per tingkat dan buku-bukunya. Kalau sudah dapat guru dengan metode dan kurikulum yang bagus, jangan malas latihan. Buat komitmen untuk latihan sekian menit setiap hari. Kalau gak ada kemajuan, jangan salahkan orang lain. Kalau bisa dengarkan sebanyak mungkin musik dari CD atau kaset untuk memperluas wawasan bermain.

Misteri Improvisasi (Spontaneous)
Kalau nggak bakat apa bisa?
Kata banyak orang improvisasi itu tergantung bakat. Nggak bakat, nggak janji deh! Is that true? Talent is a big thing tapi jangan terlalu mengagungkan bakat. Improvisasi, mostly in jazz, memang sebaiknya spontaneous. Tapi bahkan improvisasi spontan dapat dilatih. Ada metodenya. Ada guidance yang dapat diikuti, semua orang dapat mulai berimprovisasi. Di sini, besar kecilnya bakat seseorang sangat menentukan. But, any body can improvise with or without talent.

What is improvisation?
Improvise means "to perform music, drama or comedy that comes straight from your imagination and has never performed before". Spontanitas adalah unsur terpenting improvisasi. Kamu bisa saja mempelajari solo transciption Mr. X atau Mr. Y dan menghapalkannya. Tapi sayangnya itu bukan improvisasi, hanya memainkan kembali karya atau ide orang lain. Dalam musik kontemporer Improvisasi terbagi atas tiga aktivitas:
1. Memainkan melody secara spontan berdasarkan progresi chord yang sudah ada.
2. Men-subtitusi atau mereharmonisasi chord-chord yang sudah ada.
3. Mengubah style atau rhytm sebuah komposisi.

Biasanya orang merujuk pada aktivitas no 1. Yang dimaksud improvisasi ya itu! Padahal improvisasi tidak hanya solo playing saja. Bila kamu sedang mereka-reka chord apa yang bisa mengganti chord lagu yang sudah ada supaya terdengar tidak monoton, you are improvising! Bila kamu merubah iringan lagu pop menjadi sedikit jazzy, you are also improvising.

Bagaiaman berlatih Improvisation?
Ok, karena improvisasi urusannya sama spontanitas dan spontanitas urusannya sama refleks alam bawah sadar maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
1. Dengarkan musik, dengarkan musik! Mulailah ber-diet mendengarkan musik. Kalau kamu sedang menekuni piano klasik jangan dengarkan The Brandals, Serious, Madonna or whatsoever. Karena kamu harus sadar bahwa apa yang kita dengar mempengaruhi apa yang kita mainkan secara spontan.
2. Minta guru/instruktur musik kamu memberikan latihan ear training. Anda harus peka menangkap perbedaan tinggi rendah nada, ketukan, jenis chord dan lain-lain.
3. Putar lagu favorit kamu dan mulai mencari melodi dan chordnya kemudian tulis dalam staff (buku/kertas garis 5). Belum lancar not balok? Pakai not angka boleh, pokoknya start writing!
4. Latihan kecepatan dan power jari ya! Jangan sampai ide udah ngumpul tapi bengong lagi di depan piano karena jari-jarinya udah karatan karena lama gak latihan jari.
5. Mulai main bareng. Ajak teman-teman bikin band. Atau ajak siapa aja yang bisa nyanyi atau main musik. Ini adalah sarana yang cukup efektif untuk mengaplikasikan ide musical secara spontan.
Intinya improvisasi spontan terjadi melalui proses pengumpulan ide-ide musikal dari musik yang kita dengar. Kemudian kita hanya tinggal memainkan ide-ide yang ada di kepala. It's that easy? Tips di atas dapat membantu kamu mulai berimprovisasi dan memperluas ide. Tapi kamu tetap perlu belajar secara khusus tentang masalah ini kepada seorang instruktur yang memiliki metode latihan improvisasi.
Start to improvise now!

Bisa Piano Berarti Bisa semua Alat Musik?

Menurut pengalaman saya selama mengajar ternyata hal ini lebih kepada mitos saja. Beberapa murid piano klasik beralih ke keyboard atau piano pop karena jenuh dan merasa kurang berkembang. Kebanyakan murid saya yang tidak “murni” itu ternyata juga mengalami hambatan ketika belajar keyboard. Memang rata-rata mereka hanya membutuhkan dua atau tiga bulan saja untuk menguasai grade 1. Murid-murid “murni” saya, yang mulai dari nol, menghabiskan 6 bulan sampai bahkan 1 tahun. Tapi bila kita lihat dalam long run atau jangka panjang, murid-murid yang berhasil sampai ke grade 3 atau 4 ternyata membutuhkan sekitar 3,5 hingga 4 tahun baik bagi murid “murni” maupun tidak “murni”. Perbedaannya hanya beberapa bulan saja. Hal ini berbeda sekali bagi murid-murid yang sebelumnya telah berada pada grade 5 atau 6 piano klasik, atau sudah mengajar. Mereka hanya membutuhkan 1,5 hingga 2 tahun untuk mencapai grade 5 keyboard. Kalau kamu sudah pada tahap seperti ini, tentunya diharapkan kamu sudah memiliki kemampuan sight reading yang baik (mungkin primavista?) dan teknik yang sangat baik. Kalau kita sudah seperti ini ya iyalah! Belajar apa saja pasti lebih mudah.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang yang sudah nyebur di piano klasik sekian lama harus mulai dari nol lagi ketika belajar piano kontemporer atau keyboard.
1. Perbedaan alat menyebabkan perbedaan kebiasaan bermain. Hanya dibutuhkan tangan kanan dan kiri ketika bermain piano, mungkin ditambah satu kaki untuk pedal. Tapi untuk bermain organ atau electone kedua kaki dan tangan harus main semua. Ketika bermain keyboard, tangan kanan dan kiri juga harus aktif menekan dan mengatur setting yang ada pada panel. Nggak gampang kan?
2. Biasanya murid klasik sering mati kutu kalau harus mengikuti rhytm yang berbeda-beda dari jenis musik. Ada yang harus main swing, straight, syncop yang rapat, dan lain lain. Sedangkan materi lagu pada pelajaran organ, keyboard atau piano pop berisi lagu-lagu kontemporer dengan mood rhytm yang berbeda-beda.
3. Belum lagi kalau berhadapan dengan improvisasi atau creative styling. Wah itu susah deh, kebanyakan murid piano klasik tinggal membaca saja dari buku.
Kalau kamu suatu saat ingin menguasi sebuah alat music, be straight forward! Jangan pecah konsentrasi. Langsung saja pelajari alat tersebut dari awal, supaya tidak terbuang waktu percuma.

Happy playing !
flower barlianarindu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ifc_soey
Junior
Junior


Jumlah posting : 33
Join date : 06.10.08
Lokasi : indonesia

PostSubyek: re : First Step How to Playing Piano   Tue Dec 09, 2008 11:09 pm

slm Terima Kasih Bu guru atas Pelajaran awal nya,,,, slm

Wuis ternyata ga seperti saya bayangkan klo bermain piano.... Waduh
bu guru untuk belajar jari jemari gimana?????biar ga karatan,,,,, hiiihiii


so,,,thanks for your posting,,,,, slm
its very good for all,,,,, teuink


Semoga ibu guru sering memberikan posting untuk kita semua,,,,
slm

succsess for you and for all,,,,, slm
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dey IFC
Senior
Senior


Jumlah posting : 87
Join date : 07.10.08
Age : 33
Lokasi : Bogor "Cubluk on Java"

PostSubyek: wooooooow   Wed Dec 10, 2008 8:32 am

rindu... after i read your tutorial... i think you are so expert on playing the piano...
i just want to ask...
could you play the beethoven symphony no. 7...?
or rachmaninoff?...

hope someday i could hear you play that symphony.... owh don't forget about moonlight sonata too...

'cos that 3 symphony could make me cry ... mewek mewek mewek


"The Big Boy yang sebenarnya berhati sensitip"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rindu
Junior
Junior


Jumlah posting : 7
Join date : 06.12.08
Lokasi : Sin-UK

PostSubyek: Re: First Step How to Playing Piano   Mon Dec 15, 2008 1:20 pm

Thanks a lot Neb, Isuy, Dey,
Will play that songs whenever u want.

modil rindu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dey IFC
Senior
Senior


Jumlah posting : 87
Join date : 07.10.08
Age : 33
Lokasi : Bogor "Cubluk on Java"

PostSubyek: serius...???   Mon Dec 15, 2008 4:24 pm

serius.... rindu mau maenin lagu apapun yang kita minta..? kaget kaget kaget
waaaah senangnya... hayang hayang hayang

okay kalau begitu..... akan kusiapkan list lagunya dulu.... goler goler goler goler

tenang aja..ga banyak n ga susah2 ko.... winking winking winking

kita kan selalu always, ga pernah never..... daripada than kan lebih baik better....bener ga...?

goler goler goler goler
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rindu
Junior
Junior


Jumlah posting : 7
Join date : 06.12.08
Lokasi : Sin-UK

PostSubyek: Re: First Step How to Playing Piano   Mon Dec 15, 2008 8:45 pm

Dey... sini

Bukan whaeva tapi whneva'...
eerghh... tileng

So nice being here .... flower
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dey IFC
Senior
Senior


Jumlah posting : 87
Join date : 07.10.08
Age : 33
Lokasi : Bogor "Cubluk on Java"

PostSubyek: Re: First Step How to Playing Piano   Tue Dec 16, 2008 8:45 am

oh iya bener.....kapanpun ya bukan apapun..apalagi berapapun goler goler goler goler
biasa..saya kokodz pemikiran.. goler goler

yah, salah sedikit no what what lah rindu....
namanya juga adiknya kang abah yang masih polos, penurut, sedikit pemalu, banyak mimpi
tapi jago menjahit...... goler goler

yuk ah kita nyanyi bareng sini sini sini
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rixx16
Junior
Junior


Jumlah posting : 8
Join date : 12.12.08
Age : 31
Lokasi : BOGOR

PostSubyek: ..................   Tue Dec 16, 2008 7:08 pm

boleh minta ebook buat fingering gak... atau ebook2 piano lainnya.... mangaf mangaf mangaf mangaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.bluefame.com
h10104015
Junior
Junior


Jumlah posting : 1
Join date : 11.01.09

PostSubyek: Re: First Step How to Playing Piano   Sun Jan 11, 2009 4:36 pm

@Rindu
Mau nanya dong, piano upright second 8 juta-an yang Rindu maksud di atas itu merknya apa ya? Yamaha kah? Trus apa semua piano upright itu tutsnya graded hammer keys? Saya pernah nyoba clavinova sama piano upright di tempat les, tutsnya lebih berat clavinova. Jadi apa sebaiknya, belajar piano lebih baik pake alat yang lebih berat tutsnya?

Saya les piano populer selama 11 bulan di Yamaha, udah lulus Basic 1 sama 2. Masalah terbesar saya adalah sight playing. Nggak bisa lancar kalo langsung baca sad. Walopun udah bisa baca pun, otak saya mesti loading dulu, sampe nangkep maksud si partitur itu apa (mesti ngerasain lagunya dulu, masuk akal apa nggak -- aneh ya? hehe). Jadi agak ribeut euy,, saya bisa sih main, cuman ya proses loadingnya agak melelahkan. So minta saran dong, kira-kira apa yang mesti saya lakukan sehubungan dengan masalah sight playing ini. Oiya, gap dari piano populer ke piano klasik jauh nggak? Saya pengen nyobain piano klasik juga nih,, tapi agak nggak pede mengingat umur saya sudah 22 nyengir kuda.Tapi saya lumayan suka lagu klasik sederhana kaya Menuet. Thx a lot b4 winking.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: First Step How to Playing Piano   Today at 10:56 am

Kembali Ke Atas Go down
 
First Step How to Playing Piano
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
INDONESIA FRIENDLY CHATT :: Sharing Yukk!! :: Tutorial-tutorial-
Navigasi: